BULETIN IVAA DWI BULANAN | JULI-AGUSTUS 2018

Pengantar Redaksi
Buletin IVAA Dwi Bulanan Edisi Juli-Agustus 2018

Salam hangat bagi pembaca sekalian. Senang sekali bisa kembali menyapa pembaca yang baik melalui kabar dari IVAA dan semesta seni di sekitar. E-newsletter IVAA edisi Juli-Agustus kali ini masih melanjutkan apa yang sudah kita mulai di edisi sebelumnya, melanjutkan upaya eksplorasi berjalan seputar tema seni rupa dan persoalan identitas kolektif. Di sini, perihal kolektifitas dikupas dengan menginventarisasi serangkaian asumsi yang bermain di sekitar pemaknaan akan Indonesia dan Nusantara. Asumsi soal yang ‘lokal’ dan ‘tradisi’ serta ‘kontemporer’ kita lihat kembali. Kali ini kami mengambil salah satu program Kemendikbud, Festival Internasional Panji sebagai studi kasusnya. Acara ini kami pandang sebagai upaya pemerintah di wilayah pengarsipan dan pembangunan identitas kultural Indonesia, sehingga perlu kita perhatikan secara seksama.

Selain itu, bulan Juli-Agustus, dalam dunia wisata dikenal dengan high season, musim turis, karena banyaknya masa libur. Sementara di IVAA, Juli-Agustus juga merupakan high season magang, musim puncaknya kawan-kawan bergabung dalam kerja-kerja IVAA dalam program magang. Seperti biasa, kehadiran kawan-kawan dan antusiasmenya untuk belajar ini membuat Rumah IVAA semakin hidup, walaupun kita bekerja dengan latar suara para pekerja bangunan renovasi Rumah IVAA. Riuh dan semangatnya kawan-kawan magang periode Juli-Agustus ini kami bagikan di edisi ini melalui ulasan dan uraian yang kami muat.

Pada bulan Juli, IVAA juga membuat rangkaian kelas belajar penulisan dan pengarsipan TELUSUR. Di penghujung bulan Agustus ini, partisipan penuh TELUSUR masih memantapkan rancangan penelitiannya serta melakukan pembacaan awal dari data yang telah didiskusikan bersama dengan pendamping penulisan, yakni Wahmuji. Dengan intensitas jadwal penelitian dan penulisan, disertai dengan latar suara yang juga kadang tidak santai, semoga penelusuran kami kali ini membuahkan hasil tulisan yang bisa berkontribusi dalam wacana dan dinamika seni sosial kita.  

Akhir kata, selamat membaca!
Lisistrata Lusandiana
Pemimpin Redaksi


I. Pengantar Redaksi
Oleh: Lisistrata Lusandiana

II. Kabar IVAA
Sorotan Dokumentasi
Oleh: Dwi Rachmanto, Hardiwan Prayogo, Topan Bagus Permadi, Chusnul Khasanah, Nabila Warda Safitri, Apriani Kukuh Dwi Pertiwi, 

Sorotan Pustaka
Oleh: Santosa, Topan Bagus Permadi, Nabila Warda Safitri

Sorotan Arsip

Oleh: Hardiwan Prayogo

III. Agenda RumahIVAA
Oleh: Dwi Rahmanto, Topan Bagus Permadi, Nilna Faza MardiyatinSilvy Wahyuni, Sukma Smitha 

IV. Baca Arsip
Oleh: Krisnawan Wisnu Adi

Tim Redaksi Buletin IVAA Juli-Agustus 2018

Pemimpin Redaksi: Lisistrata Lusandiana ⚫ Redaktur Pelaksana: Krisnawan Wisnu Adi ⚫ Penyunting: Lisistrata Lusandiana dan Hardiwan Prayogo ⚫ Penulis: Dwi Rahmanto, Krisnawan Wisnu Adi, Santosa, Hardiwan Prayogo, Sukma Smitha ⚫ KontributorTopan Bagus Permadi, Chusnul Khasanah, Nabila Warda Safitri, Apriani Kukuh Dwi Pertiwi, Nilna Faza MardiyatinSilvy Wahyuni ⚫ Tata Letak & Distribusi: M Fachriza Ansyari