IVAA Berbenah

oleh: Sukma Smitha

Rumah IVAA berbenah. Satu bulan terakhir ini jika berkunjung ke Rumah IVAA akan terdengar suara keras pukulan palu, mesin molen beton hingga banyaknya debu yang terbang menempel pada bangunan atau buku-buku di perpustakaan IVAA. Kami mohon maaf jika hal-hal tersebut menimbulkan ketidaknyaman. Rumah IVAA saat ini tengah menjalani proses renovasi.
Renovasi pengembangan Rumah IVAA merupakan salah satu program Bantuan Pemerintah untuk Fasilitasi Revitalisasi Infrastruktur Fisik Ruang Kreatif yang didukung oleh Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Renovasi pengembangan Rumah IVAA berlangsung sejak Juli hingga Oktober 2018. Pekerjaan renovasi yang dilakukan antara lain perbaikan ruang penyimpanan arsip fisik, penambahan ruang pamer arsip hingga dibuatnya kamar-kamar sederhana sebagai ruang tinggal peneliti yang akan bekerja bersama IVAA.

Selain revitalisasi ruang fisik, IVAA juga mendapat bantuan berupa fasilitas Sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga oleh Deputi Infrastruktur BEKRAF. Pengembangan fisik Rumah IVAA serta bantuan sarana TIK ini akan sangat mendukung kerja-kerja harian mulai dari pengumpulan, pengolahan maupun penyebarluasan arsip serta hasil penelitian yang dilakukan IVAA, juga sangat mendukung program-program jangka panjang yang saat ini tengah kami rancang.

Semoga Kawan IVAA antusias menantikan hasil renovasi pengembangan Rumah IVAA, karena kami juga sangat bersemangat untuk segera bisa memulai dan menjalankan program-program baru yang lebih menarik dan segar dengan sarana kerja yang lengkap dan suasana Rumah IVAA yang nyaman.

Artikel ini merupakan rubrik Rubrik Agenda Rumah IVAA  dalam Buletin IVAA Dwi Bulanan edisi Juli-Agustus 2018.