BULETIN IVAA DWI BULANAN | JANUARI-FEBRUARI 2019

Baca!

Salam jumpa bagi pembaca sekalian. Senang akhirnya, e-newsletter ini sudah bisa hadir di hadapan anda sekalian, meski kehadirannya terlambat. Harus saya akui bahwa edisi ini cukup menantang. Di edisi awal tahun 2019 ini, kami sengaja menghadirkan edisi khusus Review by Staff. Itu artinya, kami tidak mengikuti pembagian isi berdasar rubrikasi dari edisi-edisi yang lalu, dan mengisi sebagian besar e-newsletter ini dengan tulisan dari hasil baca buku, kemudian memberikan review-nya. Buku yang kami review, diambil dari perpustakaan IVAA dan juga buku dari IVAA Shop. Siapa saja yang menulis review? Semua staf tanpa kecuali. Di awal proses redaksi di awal tahun ini, kami telah menyepakati hal itu. Semua staf IVAA masing-masing memilih buku, kemudian membaca tuntas dan menuliskan review dari hasil bacanya.  

Proses ini telah berjalan dan kami telah memilih buku. Ada yang sudah membaca setengah kemudian tidak melanjutkannya lagi, karena ternyata isinya tidak sesuai dengan ekspektasi, hanya heboh judulnya saja. Ada juga yang membaca kembali buku yang telah tuntas dibaca, sehingga memudahkan penulisan review. Pada akhirnya, perjalanan pendek ini sudah sampai di hadapan pembaca sekalian. Berawal dari niat sederhana, bahwa sebagai pekerja lembaga perpustakaan dan arsip, kenapa kita seolah tidak sempat membaca buku?

Dengan menggarisbawahi aktivitas membaca, kami sekali lagi mengingatkan diri kita sendiri, bahwa kadang keseharian kita akan menggiring keseharian pada kerja-kerja administratif teknis. Apa jadinya kita jika larut dalam kuasa administratif dan tidak punya kesempatan untuk membaca? Mau dibawa ke mana arah kebudayaan, jika para pekerjanya berada dalam kondisi yang jauh dari budaya baca?

Akhir kata, selamat membaca.

Lisistrata Lusandiana
Pemimpin Redaksi


I. Pengantar Redaksi
Oleh: Lisistrata Lusandiana

II. Review By Staff

III. Esai Telusur

Oleh: Oleh Mega Nur Anggraeni Simanjuntak

IV. Pengumuman Kantor

Tim Redaksi Buletin IVAA Januari-Februari 2019

Pemimpin redaksi : Lisistrata Lusandiana • 
Redaktur pelaksana : Krisnawan Wisnu Adi • 
Editor : Lisistrata Lusandiana, Hardiwan Prayoga, Krisnawan Wisnu Adi • 
Penulis : Sukma Smita Grah Brillianesti, Dwi Rahmanto, Hardiwan Prayoga, Santosa Werdoyo, Krisnawan Wisnu Adi, Mega Nur Anggraeni Simanjuntak, Lisistrata Lusandiana • 
Tata Letak & Distribusi : M Fachriza Ansyari •