BULETIN IVAA DWI BULANAN | NOVEMBER-DESEMBER 2018

Pembaca yang budiman, telah sampai kita pada penghujung tahun, buletin dwi bulanan IVAA menyapa kita dengan berbagai ulasan yang berisi beragam gelaran seni budaya di sekitar kita.

Sedikit berbeda dari edisi-edisi sebelumnya, Rubrik Baca Arsip kali ini tidak diisi oleh ulasan ataupun tulisan hasil elaborasi tim arsip dalam pembacaannya atas arsip IVAA secara tematik. Di Rubrik Arsip edisi ini kita menjumpai salah satu tulisan dari salah seorang partisipan yang telah selesai mengikuti program kelas belajar dan pengarsipan “TELUSUR”. Seusai keseluruhan proses, tulisan dari para partisipan ini akan dimuat satu persatu di buletin dwi bulanan IVAA. Pada edisi ini kita berkesempatan untuk membaca ulasan dari Gladhys Elliona Syahutari, berjudul “Kerja Berjejaring Seniman Muda Jakarta: Studi Kasus Buka Warung”. Tulisan ini mengingatkan kita bahwa hubungan sosial dalam seni tidak bisa lepas dari kapitalisasi.

Di rubrik lain, kita masih bisa menjumpai gelaran yang sengaja kami garis bawahi dan ulas untuk memperluas ruang eksplorasi dan pembelajaran kami atas berbagai macam peristiwa seni yang hidup di sekitar kita. Catatan dari kawan magang juga kita sajikan di edisi ini. Tak lupa kita ketengahkan kabar dari Rumah IVAA yang selama setahun ini banyak berbenah diri, serta membuat berbagai perencanaan dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa mendatang.

Selamat natal kami ucapkan, juga selamat hari Raya Galungan dan Kuningan pada kawan-kawan IVAA yang merayakan. Semoga tahun panas 2019 bisa kita hadapi dengan hati dingin.
Akhir kata, selamat membaca!

Lisistrata Lusandiana
Pemimpin Redaksi


I. Pengantar Redaksi
Oleh: Lisistrata Lusandiana

II. Kabar IVAA
Sorotan Dokumentasi
Oleh: Dwi Rachmanto, Hardiwan Prayogo, Krisnawan Wisnu Adi, Muhammad Indra Maulana

Sorotan Pustaka
Oleh: Santosa, Esha Jain, Muhammad Indra Maulana


Oleh: Ulva Ulravidah, Nisa Adzkiya


Oleh: Andya Sabila, Nurul Fajri

III. Agenda RumahIVAA
Oleh: Hardiwan Prayogo, Krisnawan Wisnu Adi, Sukma Smita

IV. Baca Arsip

Baca Arsip
Oleh: Oleh Gladhys Elliona Syahutari
Kerja Berjejaring Seniman Muda Jakarta: Studi Kasus Buka Warung

V. Pengumuman Kantor
Oleh: Sukma Smita

Tim Redaksi Buletin IVAA November-Desember 2018

Pemimpin Redaksi: Lisistrata Lusandiana ⚫ Redaktur Pelaksana: Krisnawan Wisnu Adi ⚫ Penyunting: Lisistrata Lusandiana dan Krisnawan Wisnu Adi ⚫ Penulis: Dwi Rahmanto, Krisnawan Wisnu Adi, Santosa, Hardiwan Prayogo, Sukma Smita ⚫ Kontributor: Andya Sabila, Muhammad Indra Maulana, Nurul Fajri, Ulva Ulravidah, Esha Jain, Nisa Adzkiya, Gladhys Elliona Syahutari ⚫ Tata Letak & Distribusi: M Fachriza Ansyari