BACA ARSIP | NOVEMBER-DESEMBER 2018

Rubrik Baca Arsip kali ini tidak seperti biasanya. Tim redaksi memutuskan untuk memuat empat esai menarik dari empat partisipan TELUSUR dalam terbitan November-Desember 2018 hingga Mei-Juni 2019 nanti. TELUSUR merupakan kelas belajar penulisan dan pengarsipan yang diinisiasi oleh IVAA pada tahun 2017 untuk mendukung upaya dinamisasi penulisan kritik seni di Indonesia secara lintas disiplin.

Untuk edisi ini, esai yang dimuat adalah karya dari Gladhys Elliona Syahutari berjudul Kerja Berjejaring Seniman Muda Jakarta: Studi Kasus Buka Warung. Dengan studi kasus Buka Warung, sebuah kolektif seniman muda perempuan di Jakarta, Gladhys ingin menelusuri bagaimana kelompok seniman muda Jakarta mengakumulasi modal sosial untuk meningkatkan karir kesenian mereka.

Dengan banyak menggunakan gagasan Bourdieu dan beberapa pemikir lain mengenai modal sosial, serta dilengkapi dengan studi statistik kecil, Gladhys sampai pada kesimpulan bahwa dinamika seniman muda di Jakarta berbasis pada survival of the fittest melalui modal sosial yang didukung oleh modal budaya.

Artikel ini merupakan pengantar rubrik Baca Arsip dalam Buletin IVAA Dwi Bulanan edisi November-Desember 2018.