Re-aktivasi IVAA Shop

Oleh Sukma Smita

Membangun satu bidang usaha untuk mendukung kebutuhan operasional harian IVAA merupakan semangat awal mengaktifkan kembali IVAA Shop. Berbagai program re-aktivasi dan menata ulang sistem kerja telah dilakukan, dari membenahi secara fisik ruang IVAA Shop yang berada di pojok utara Rumah IVAA, membuat akun sosial media khusus jual-beli, hingga rajin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pameran buku merupakan hal-hal yang dilakukan selama tahun 2018 ini.

Selain memproduksi sendiri berbagai produk merchandise, salah satu program lain berbasis sistem kerjasama titip-jual yang dirancang adalah dengan mengajak seniman, crafter, maker, desainer, dan yang lain untuk berkolaborasi merancang, memproduksi dan menjual produk merchandise bersama. Sebagai awalan program tersebut IVAA Shop mengajak Agan Harahap, Hendra ‘Blankon’ Priyadhani dan Vendy Methodos.

“Fashion as Statement” merupakan tema yang dipakai sebagai pijakan dalam merancang produk. Fashion sebagai penanda budaya, meski tidak bisa seutuhnya benar, dapat dilihat dari model rambut, musik yang didengarkan, tata cara berpakaian, hingga aksesoris yang melekat pada tubuh. Pilihan aksesoris maupun model pakaian yang dikenakan secara tidak langsung membentuk identitas diri dan bagaimana kita ingin dilihat oleh publik.

Agan, Blankon dan Vendy telah merancang produk yang digunakan sehari-hari, entah dalam bentuk pakaian, tas, hingga kantong penyimpan barang. Ketertarikan mengajak ketiga seniman tersebut didasarkan pada bagaimana mereka selalu bekerja menggunakan medium yang berlainan namun memiliki intensi sama yaitu kebutuhan untuk menyatakan satu pandangan. Diskusi tentang penggunaan fashion sebagai cara untuk menyatakan sikap juga menjadi nilai yang menarik. Pilihan model pakaian hingga aksesoris sehari-hari bisa dilihat sangat universal maupun spesifik; bagaimana ‘barang’ yang sebenarnya sangat umum dan bisa ditemui di berbagai toko lain bisa menjadi sesuatu yang mampu mencitrakan diri sekaligus terbaca sebagai sebuah pernyataan diri.

Artikel ini merupakan rubrik Pengumuman Kantor dalam Buletin IVAA Dwi Bulanan edisi November-Desember 2018.