Update Your City Bersama Kind Magz

Penulis: Anggie Noorida (Peserta Magang IVAA)

UPDATE YOUR CITY (UYC) merupakan program terbaru dari KIND MAGZ, mengajak graffiti/mural artist untuk berbagi informasi mengenai proses berkarya, spot gambar serta perkembangan street art di tiap kotanya masing-masing. Karena kami yakin tiap kota memiliki keunikan tersendiri kata salah satu anggota dari Kind Magz. Lokasi ketiga acara UYC adalah Yogyakarta, setelah sebelumnya diselenggarakan di Semarang dan Bali.

Kind Magz dalam rangkaiannya di Yogyakarta memilih IVAA sebagai kolaborator dalam menggagas acara Update Your City ini. Hal ini tidak terlepas dari IVAA sebagai salah satu lembaga pengarsipan seni visual. Kind Magz juga memilih IVAA karena keberadaan Rumah IVAA yang keren untuk menyelenggarakan acara Update Your City di Yogyakarta seperti yang diungkapkan oleh anggota dari Kind Magz.

UYC Yogyakarta mengambil tema City Invasion, di mana kami menginvasi sejumlah titik titik spot di Yogyakarta untuk dijadikan sebagai kanvas publik para artist yang ikut serta dalam acara ini. Selain itu diselenggarakan pula Kelas Graffiti bagi anak-anak dan artist talk. Konsep acara kali ini di IVAA terdiri dari tiga kegiatan yakni #GraffClass,  #GraffTalk, dan #GraffDuel .

(#GraffClass) seperti di tempat sebelumnya (Bali), diadakan kelas graffiti & street art bagi anak anak, kelas ini bertujuan untuk mengenalkan dasar-dasar street art melalui pemutaran video dan memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa street art bukan vandalism. Selain sesi materi terdapat juga sesi praktek di mana anak-anak langsung diberi alat-alat gambar berupa cat, kuas, dan aerosol untuk berkarya sesuai dengan apa yang ia peroleh saat sesi materi. Dipandu oleh dua mentor yakni Astc (Jogja) dan Walcsix (Jakarta), keduanya memiliki pengalaman mengajar kelas graffiti di beberapa sesi.

(#GraffTalk  & #GraffDuel) di sesi ini menjadi serangkaian malam pembukaan acara UYC Jogja, #GraffTalk adalah sesi sharing dan presentasi oleh beberapa artist lokal maupun orang yang mendukung perkembangan skena tsb (fotografer dll). Bertajuk “Dokumentasi street art dulu hingga kini”, tujuannya adalah untuk memberikan wawasan kepada pendatang baru tentang kesejarahan street art di Yogyakarta dan seberapa pentingnya mendokumentasi dan mengarsipkan sebuah karya. Dipandu oleh Yusuf dari Indonesiart Foundation sebagai pranatacara dan moderator, serta Nsideone (graffiti artist), Graforce (otografer), dan Dwi Rahmanto (IVAA) sebagai narasumber.

#GraffDuel merupakan serangkaian kompetisi dalam tiga babak, yakni babak seleksi, babak Sketch Battle, serta babak Live Duel. Di IVAA diselenggarakan babak kedua yakni Sketch Battle. Sketch Battle merupakan kompetisi membuat sketsa kata-kata yang dipilih secara acak oleh juri, serta dibatasi oleh waktu. Pemenangnya akan masuk ke dalam babak terakhir, yakni Live Duel yang bertempat di suatu titik di samping Hotel Indrakila, Jalan Tirtodipuran.

 

 

 

 

Setelah acara dari Update Your City ini rencana Kind Magz ke depan adalah akan terus melakukan tur di berbagai kota-kota di Indonesia serta merilis aplikasi yang sebelumnya sempat mengalami kendala.


Artikel ini merupakan bagian dari Rubrik Agenda Rumah IVAA dalam Buletin IVAA Juli-Agustus 2017.