Buletin IVAA Dwi Bulanan | Juli-Agustus 2017

Pengantar Redaksi
Buletin IVAA Dwi Bulanan Edisi Juli-Agustus 2017

EDISI KHUSUS FESTIVAL ARSIP “KUASA INGATAN”

Salam hangat bagi pembaca yang budiman. Memasuki bulan Juli-Agustus 2017 merupakan momen yang genting sekaligus mendebarkan. Pertama karena Festival Arsip yang sudah dipersiapkan beberapa bulan terakhir, kini sudah mulai hitung mundur. Festival ini akan dimulai 18 September s/d 1 Oktober 2017, dan bulan September sudah di depan mata. Kedua, memasuki bulan Juli berarti harus bersiap dengan kesibukan kota Jogja yang biasanya ramai perayaan dan kegiatan, baik berupa festival, pameran dan bahkan Biennale dan segala macam persiapannya. Selain itu, tim program IVAA bersama dengan sahabat IVAA (para alumni Lokakarya Pengarsipan dan Penulisan Seni Rupa jilid I) juga sedang menggagas rencana pelaksanaan lokakarya jilid II. Selain itu tentu saja pekerjaan harian tim arsip dan penyusunan pengembangan program untuk tahun mendatang juga tidak kami lupakan.

Atas dasar pertimbangan itulah, newsletter IVAA Juli-Agustus kali ini sengaja kami susun sebagai edisi khusus. Terdapat satu rubrik yang sengaja kami hilangkan di sini, yakni rubrik Baca Arsip, yang biasanya menyajikan suatu pembacaan atas tema tertentu, mengidentifikasi data yang bisa di dapat dari Arsip IVAA, melengkapinya jika dirasa kurang kemudian menyusunnya menjadi esai utuh dengan sedikit analitis. Rubrik tersebut sengaja kami hilangkan atas pertimbangan manajemen energi dan perhatian. Namun aktivitas yang terkait dengan pemilahan data dan upaya pembacaannya tidak begitu saja kami hilangkan dari kerja-kerja harian. Dalam persiapannya, tim Festival Arsip juga menyusun beberapa desain narasi dan karya yang didukung oleh kerja pendokumentasian, inventarisasi atau bahkan penyusunan sistem basis data baru.

Selain tim Festival Arsip yang berjibaku, kesibukan dan keceriaan Rumah IVAA juga tak luput akan kami bagikan di edisi ini. Aktivitas Rumah IVAA yang lebih banyak berlangsung di bulan Juli sudah kami siapkan juga sebagai sajian. Sementara di bulan Agustus hingga September kami akan mengurangi porsi kegiatan Rumah IVAA, selain yang masih berkaitan dengan persiapan Festival Arsip dan Biennale Jogja. Karena pada penyelenggaraan Biennale Jogja ke XIV kali ini, IVAA sedikit terlibat dalam persiapannya. Tim program IVAA mengambil peran dalam penyusunan dan pelaksanaan Biennale Forum. Selebihnya, aktivitas harian IVAA yang padat di tambah dengan berbagai ragam programnya, menjadi lebih berwarna dan berenergi karena kehadiran teman-teman magang. Bahkan newsletter yang sedang berada di hadapan kita ini merupakan hasil kerja dari magang IVAA yang kami percaya menjadi redaktur pelaksana. Terima Kasih banyak Martinus Danang atas kerja kerasnya.

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan gelora yang besar dalam menderivasi mimpi menjadi pekerjaan harian. Selamat membaca!

Lisistrata Lusandiana
Pemimpin Redaksi


I. FestSip! “Kuasa Ingatan”

Oleh: Martinus Danang Pratama Wicaksana, Galih Ristia

II. Kabar IVAA

Sorotan Dokumentasi
Oleh: Annisa Rachmatika, Dwi Rahmanto.

Sorotan Arsip
Menuju Festival Arsip: Cerita di Balik Lemari Arsip IVAA
Oleh: Melisa Angela

Sorotan Pustaka
Oleh: Santosa dan Martinus Danang Pratama Wicaksana

Agenda RumahIVAA
Oleh:  Anggie Noorida, Annisa Rachmatika, Artia L. Yohana, Era D.S.,


Tim Redaksi Buletin IVAA Juli-Agustus 2017
Pemimpin Redaksi: Lisistrata Lusandiana ⚫ Redaktur Pelaksana: Martinus Danang Pratama Wicaksana ⚫ Penyunting: Melisa Angela ⚫ Penulis: Dwi Rahmanto, Melisa Angela, Santosa ⚫Kontributor:  Anggie Noorida, Annisa Rachmatika, Artia L. Yohana,   Era D.S, Galih Ristia, Martinus Danang Pratama Wicaksana ⚫Ilustrasi Sampul: Nanda Putri  ⚫ Tata Letak & Distribusi: Tiatira Saputri