Tentang Jagat Perayaan Akhir-akhir Ini

Tentang Jagat Perayaan Akhir-akhir Ini
Fragmen Jejak Vol. 4 | Buletin IVAA Dwi Bulanan | Juli-Agustus 2020

Halo para pembaca yang budiman!

Meski cukup terlambat, akhirnya newsletter IVAA edisi Juli-Agustus 2020 terbit juga. Mohon maaf untuk perkara ini. Walau demikian, keterlambatan kami cukup terkait dengan tema yang sedang diusung. Tentang jagat perayaan akhir-akhir ini. Kalau rekan-rekan mampir ke IVAA, suasana yang agak semrawut jadi pemandangannya. Barangkali seperti rekan-rekan pegiat kebudayaan yang saat ini sedang tergopoh menyiapkan beragam perayaan, mengejar tenggat waktu, susah payah kompromi dengan nalar tutup buku. Sudah biasa sebenarnya untuk konteks semester kedua. Namun, jadi tidak biasa ketika masih berdampingan dengan wabah Corona. 

Keriuhan yang tidak biasa itu menjadi tema yang kami usung. Berbeda dengan edisi kemarin (Mei-Juni) yang lebih menyoroti ragam siasat bertahan medan seni-budaya, kali ini kami mencoba menerka perubahan dan kecenderungan apa yang muncul dari perayaan-perayaan yang nyatanya tetap digelar. 

Ulasan-ulasan itu dapat rekan-rekan baca dari subrubrik Sorotan Dokumentasi, Sorotan Arsip, dan rubrik Baca Arsip. Secara khusus, untuk Baca Arsip, kami memuat tulisan dari Nurfadillah tentang ritus Menre Bola Baru masyarakat Bugis, Sulawesi Selatan. 

Tak lupa kami tetap menyoroti beberapa buku baru koleksi perpustakaan IVAA melalui Sorotan Pustaka. Dua buku karangan Suwarno Wisetrotomo, yaitu Kuratorial dan Ombak Perubahan, serta Pasfoto Sang Iblis karangan Sanento Yuliman.  Juga, tak kalah menarik cerita singkat kami yang sedang asyik pingpong-an dalam Agenda Rumah IVAA. 

Semoga edisi ini jadi teman waktu luang yang menyenangkan. 

Selamat membaca!

Krisnawan Wisnu Adi.

*Foto sampul adalah dokumentasi karya berjudul “VIP – Festival”, dari Anton Adinugroho dalam Pameran Jakarta 32° C tahun 2006.


I. Pengantar Redaksi
oleh Krisnawan Wisnu Adi

II. Kabar IVAA
Sorotan Dokumentasi
Oleh: Krisnawan Wisnu Adi dan Lisistrata Lusandiana
Perayaan Akhir-akhir Ini: Sebuah Impresi Awal

Sorotan Pustaka
Oleh: Santosa Werdoyo, Krisnawan Wisnu Adi, Lisistrata Lusandiana, dan Sukma Smita

Sorotan Arsip
Oleh Hardiwan Prayogo

III. Agenda Rumah IVAA
Oleh Edy Suharto

IV. Baca Arsip
Oleh Nurfadillah


Pemimpin Redaksi: Krisnawan Wisnu Adi
Redaktur Pelaksana: Krisnawan Wisnu Adi
Penyunting: Hardiwan Prayogo, Krisnawan Wisnu Adi
Penulis: Sukma Smita Brillianesti, Edy Suharto, Santosa Werdoyo, Hardiwan Prayogo, Krisnawan Wisnu Adi, Lisistrata Lusandiana
Kontributor: Nurfadillah
Dokumentasi: Dwi Rahmanto
Tata Letak: M Fachriza Ansyari