#SOROTANPUSTAKA Maret-April 2018

Perpustakaan dan Arsip adalah salah satu bidang garap di IVAA yang saling terkait, bahan-bahan konten yang ada di archive.ivaa-online.org beberapa sumber dari katalog, buku, klipping surat kabar ataupun makalah yang  fisiknya berada di perpustakaan.

Dalam  bulan maret 2018 kami dibantu 3 kawan magang dari Program Studi Kearsipan Sekolah Vokasi UGM untuk memilah, menata, dan menyimpan arsip. Dalam penataannya kita bedakan  menurut jenisnya: Undangan, Poster, Brosur, Pustaka, Administrasi Kantor dan Keuangan. Undangan dan poster diurutkan dan dikelompokkan berdasar tahun, sedangkan brosur dikelompokkan menurut institusi, baik Institusi Seni, maupun Institusi Pendidikan, sedangkan berkas administrasi kantor dan keuangan akan ditinjau ulang jangka waktu penyimpanannya, apakah akan dimusnahkan, dinilai kembali, atau dipermanenkan. Sedangkan makalah ataupun tulisan seni akan dibendel dijadikan bahan pustaka. Kemudian untuk  majalah, katalog, komik dan bahan pustaka lainnya akan diinventarisasi, diklasifikasi, dan di-input ke library.ivaa-online.org.

Dalam input  memasukkan metadata yang ke Senayan Library Manajemen Sistem (SLiMS) di bantu juga oleh 2 kawan magang, baik pustaka baru maupun pustaka lama yang belum di-input. Dalam tambahan pustaka baru ada 4 yang akan diulas di sini, pertama Henk Ngantung: Saya Bukan Gubernur PKI, kedua Komik Merebut Kota Perjuangan: Sebagai Politik Pencitraan Soeharto, ketiga Kelola Seni: Lukisan, Wayang, Film Hingga Jazz dan terakhir Andy Warhol The King of Pop.

Oleh: Santosa, Khanza Putri, Diatami Muftiarini

Artikel ini merupakan bagian dari Rubrik Sorotan Pustaka dalam Buletin IVAA Dwi Bulanan edisi Maret-April 2018.