Seri Ceramah / Diskusi “Guru-guru Muda” Alain Badiou dan Anti-Estetika

Seri Ceramah/ Diskusi “Guru-guru Muda” Sesi-2
bersama Martin Suryajaya

Alain Badiou dan Anti-Estetika:
Menakar Kontribusi Badiou dalam Sejarah Estetika Seni Rupa

Tema ceramah ini akan membahas hubungan antara sejarah estetika dan perkembangan seni rupa kontemporer. Apa yang akan dipersoalkan ialah hubungan saling pengaruh di antara keduanya: tentang bagaimana sejarah estetika mempengaruhi sejarah seni, dan sebaliknya. Pemikiran Alain Badiou tampil sebagai upaya terbaru dalam mempersoalkan hubungan tersebut. Badiou menggugat konstruksi estetik tentang seni dengan mengajak kita memikirkan kembali otonomi metodologis kesenian. Paparan akan terdiri dari tiga bagian. Pertama, akan diulas secara historis bagaimana hubungan saling pengaruh antara estetika dan sejarah seni itu berlangsung. Kedua, kita akan memeriksa sumbangsih Badiou yang menjadikan seni sebagai medium artikulasi kebenaran yang independen terhadap filsafat seni serta implikasinya bagi hubungan antara seni dan estetika. Terakhir, akan ditunjukkan beberapa permasalahan dan keterbatasan dari pendekatan ‘anti-estetika’ Badiou dalam menjelaskan sejumlah fenomena seni rupa kontemporer serta keperluan bagi upaya teoretisasi baru tentang seni rupa kontemporer.

Martin Suryajaya lahir di Semarang (1986). Beberapa bukunya telah terbit, Imanensi dan Transendensi (2009), Alain Badiou dan Masa Depan Marxisme (2011), Materialisme Dialektis: Kajian tentang Marxisme dan Filsafat Kontemporer (2012), dan yang paling baru, Asal Usul Kekayaan (2013). Martin memperoleh gelar master di bidang filsafat dari STF Driyarkara (2012). Saat ini sedang menulis empat jilid buku Sejarah Estetika yang didukung dan akan diterbitkan oleh Indonesia Contemporary Art Network (iCAN).

Tentang seri ceramah/diskusi “Guru-Guru Muda”

Seri ceramah ini dimaksudkan untuk merangsang pemikiran di seputar estetika, khususnya untuk bidang seni rupa. Di masa kini, estetika mesti “bersaing” dengan berbagai khasanah pemikiran lain tentang seni, seperti filsafat seni, sejarah seni rupa, dan berbagai wacana kebudayaan.
Langgeng Art Foundation mengundang sejumlah penceramah untuk merangsang diskusi mengenai estetika. Ceramah akan berkenaan dengan pemikiran seorang tokoh atau terkait dengan tema tertentu dalam ranah budaya atau praktik visual.
Diharapkan ceramah/ diskusi ini bisa menawarkan pengayaan perspektif pada para seniman/ mahasiswa seni (rupa) dan peminat seni pada umumnya.

Seri ini akan berlangsung mulai Juli sampai November tahun ini.
Selamat datang dan berdiskusi dalam acara ini

***
Jum’at, 22 Agustus 2014, pukul 15.00 WIB – selesai
Tempat: Langgeng Art Foundation
Jl. Suryodiningratan no 37, Yogyakarta

***
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Sdri.Palupi 085770061899 atau info@langgengfoundation.org