Workshop Interaktif : Dari mana dan mau ke mana?

Mahen Bala ialah seorang seniman visual dan fotografi dokumenter, yang menaruh perhatian pada pengalaman manusia dan soal proses penyusunan ingatan, baik yang personal maupun komunal, yang pada akhirnya menjadi kepingan-kepingan sejarah. Dengan dukungan dari Asia Center, ia sedang mempelajari jejak sejarah kereta api yang melintas di sepanjang Jawa dan Jepang. Di tengah penelusurannya, ia mengajak kita untuk bergabung dalam workshop interaktif, yang mengajak kita untuk memetakan keterkaitan kita secara fisik dan kultural pada Pulau Jawa. .
Dari Mana, Mau Ke Mana?
“tut..tut..tut…tut”…. ketika melintas, sebuah kereta membawa berbagai muatan, mulai dari manusia, cargo, ambisi, gagasan, kebudayaan dan sejarah. Ruang yang terdapat di dalam kereta api menjadi pengalaman yang dirasakan baik secara privat dan publik, ia menjadi ruang temu antara berbagai manusia dari bermacam tempat yang menuju ke lokasi yang juga beragam.
Pertanyaan seperti “Dari mana dan mau ke mana?” menunjukkan sebuah interseksi atas proyeksi individu atas identitas dan soal bagaimana kita memaknai ruang, yang pada gilirannya akan membentuk jaringan pengalaman bersama, sebuah imajinasi kolektif atas Jawa. Kemana pun kita pergi dengan kereta, seluruh Jawa turut ambil bagian dalam perjalanan tersebut. .
Lokakarya ini akan bereksperimen dengan dan melalui konsep Jawa, dengan menggambar peta Jawa, untuk kemudian membicarakan sekali lagi soal batas-batas kebudayaan dan fisik yang selalu cair dan tidak pernah tuntas.
.
#indonesianvisualartarchive #ivaa #arsipivaa #dokumentasiivaa #archiveivaa #documentationivaa #senirupa #visualartarchive #arsipsenibudaya #arsipsenirupa #rumahivaa #anotherdemocracyispossible