Pusparagam Pengarsipan: The Possibility of Socially Engaged Archiving

📢📢 PANGGILAN TERBUKA

Pusparagam Pengarsipan
The Possibility of Socially Engaged Archiving
19 – 21 November 2019

Pusparagam Pengarsipan ialah sebuah program yang mempertemukan para praktisi yang bekerja dengan arsip, arsiparis atau siapa saja yang memiliki ketertarikan dengan semesta arsip dan pengetahuan. Pusparagam Pengarsipan yang pertama ini menggarisbawahi tema “The Possibility of Socially Engaged Archiving” atau mencari arah kerja pengarsipan yang membumi.
Kali ini Pusparagam Pengarsipan membuka kesempatan bagi teman-teman yang ingin terlibat dalam proses belajar bersama, saling berbagi & membicarakan model pengarsipan yang selama ini kita praktikkan, baik secara berkelompok, institusional ataupun individual. Bagi teman-teman yang berminat sila mengirim tulisan yang menceritakan aktivitas kerja pengarsipan (dalam artian yang seluas-luasnya). Tulisan dapat dikirim ke program@ivaa-online.org dengan subjek SEA2019, paling lambat 12 November 2019. Sembilan partisipan terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti keseluruhan agenda; khusus bagi teman-teman yang tinggal di luar Jogja, kami akan menyediakan tiket perjalanan pulang-pergi beserta akomodasi.

Kegiatan ini merupakan suatu upaya bersama untuk mempelajari keberagaman model pengarsipan di sekitar kita, sekaligus melihat kembali model kerja pengarsipan yang selama ini hidup di tengah-tengah kita.
Hal ini kita lakukan sambil mempertanyakan ulang arah pengetahuan dan pengarsipan. Seberapa jauh arah pengetahuan kita membutuhkan arsip? Bagaimana kaitan antara proses artistik & pengarsipan? Bagaimana kerja pengarsipan ataupun preservasi kebudayaan bisa terhubung dengan kerja atau perjuangan dari ranah yang lain, seperti perjuangan di bidang lingkungan & demokrasi, sehingga agenda kultural bisa senafas menjadi perjuangan politik?

Untuk pertanyaan lebih lanjut, sila hubungi 0819-7718-4678 (Sukma)