Seni Jalanan; Jalan Kaki Lebih dari 10 Menit

Oleh Rully Adi Perdana (Kawan Magang IVAA)

Pada Rabu, 10 April 2019, IVAA menggelar sesi diskusi bertajuk “Seni Jalan; Jalan Kaki Lebih dari 10 Menit”. Esha Jain, salah satu peserta magang di IVAA membagi pengalamannya ketika menyusuri jalanan Yogyakarta. Kesempatan diskusi tersebut diikuti oleh seluruh staff IVAA bersama lima orang peserta magang di IVAA. Esha, dengan perhatian lebih pada seni jalanan (street art), menampilkan ragam visual yang ia temui, baik berupa mural, graffiti, maupun bentuk seni jalanan lainnya.

Mural di kantor PKBI Yogyakarta

Sesi yang berlangsung selama dua jam sejak pukul 10.00 tersebut mengundang percakapan yang hangat di antara seluruh peserta diskusi. Masing-masing staff dan peserta magang membagikan cerita dan pengalamannya mengenal dunia street art. Berbagai nama seniman jalanan yang karyanya berhasil direkam oleh Esha menjadi bahan perbincangan, berikut karya-karya yang pernah mereka buat di waktu dan tempat yang berbeda serta cerita-cerita di balik karya-karya tersebut.

Mural oleh Ketjil Bergerak Jalan Ahmad Dahlan Yogyakarta

Malioboro, Kotagede, Mantrijeron, dan titik lain yang ditelusuri Esha menghadirkan berbagai macam seni jalanan dengan bentuk dan tafsiran cerita yang berbeda-beda. Sebagian bercerita tentang toleransi, beberapa tentang politik, sementara sebagian lainnya sekadar menjadi penanda area dengan membuat tag. Selain memaparkan tentang seni jalanan di daerah Yogyakarta, Esha juga mengenalkan The High Line yang berada di tepi barat Manhattan di New York City. The High Line dibangun di atas area bekas New York Central Railroad dan desainnya merupakan hasil kolaborasi James Corner Field Operations, Diller Scofidio + Renfro, serta Piet Oudolf. Jalur sepanjang 2.33 kilometer yang dibuka sejak tahun 2009 itu telah menjadi tempat bagi lebih dari 500 spesies tanaman dan karya seni yang dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung secara gratis.

Sumber tambahan:

https://www.thehighline.org/#

Artikel ini merupakan rubrik Agenda Rumah IVAA dalam Buletin IVAA Dwi Bulanan edisi Maret-April 2019.