Bergerak dari Pinggir

Oleh: Nur Sista Senja Wiragasari  (Kawan Magang IVAA)

Judul Buku          : Bergerak dari Pinggir
Pengarang           : Wahyudin
Penerbit                : Basa Basi
Tahun                      : 2018
Deskripsi Fisik   : 268 Halaman
No. Panggil           : 701 WAH b

Buku kumpulan tulisan berjudul Bergerak dari Pinggir ini berasal dari ulasan-ulasan seni rupa dari Wahyudin. Tentang produksi, peristiwa, kehidupan artistik lokal, perkembangan estetik dan pencapaian artistik seseorang atau sekelompok perupa di  sejumlah kota Jawa Timur sekitar 13 tahun berakhir. Cerita pada buku ini patut untuk diriwayatkan bukan lantaran di Jawa Timur tak banyak periwayat, tukang cerita, atau kritikus seni rupa, melainkan guna utamanya untuk menunjukkan bahwa “perupa hebat berasal dari mana pun”.

Demikian, hal tersebut dapat membijaksanai posisi seni rupa Jawa Timur di dunia seni kontemporer Indonesia yang ambisius dan demokratis. Keserbajenisan karya yang diusung dalam sebuah perhelatan dapat ditandai lewat realisme. Sebuah gagrak estetik yang kelihatan paling bersahaja tetapi dominan dalam medan kreatif seni rupa Malang yang konon telah berkembang sejak dasawarsa 1930-an. Medan seni rupa di Jawa Timur mampu melahirkan perupa-perupa yang istimewa dengan kecakapan artistik tinggi, esai-esai dalam buku ini nampaknya tidak ingin membiarkan situasi ini menguap begitu saja.

Dalam buku ini menyoroti beberapa aktor penting dan menarik dalam semesta dunia artistik, salah satunya museum seni rupa. Tak ada museum seni rupa di Jawa Timur yang mengoleksi, menyimpan, dan mendidik publik serta menunjukkan kualitas dan nilai seni rupa. Pada akhirnya, buku ini lebih jauh ingin menggambarkan Jawa Timur sebagai harapan bagi dunia seni rupa kontemporer.

Artikel ini merupakan rubrik Sorotan Pustaka dalam Buletin IVAA Dwi Bulanan edisi September-Oktober 2018.