BULETIN IVAA DWI BULANAN | MEI-JUNI 2018

Pengantar Redaksi
Buletin IVAA Dwi Bulanan Edisi Mei-Juni 2018

Salam hangat bagi pembaca sekalian. Ketika memasuki bulan Mei, kita menjumpai berbagai acara yang menggunakan reformasi sebagai tajuk utama, mulai dari pameran seni, diskusi hingga pameran arsip. Percakapan-percakapan yang mengetengahkan pembahasan dan pembahasaan reformasi di berbagai ranah mengemuka. Sebagian percakapannya di lingkungan seni, bisa kita ikuti dari dokumentasi yang dikerjakan oleh tim arsip dan dokumentasi IVAA di buletin ini.

Selain itu rubrik baca arsip sengaja kami selaraskan dengan tim arsip dan dokumentasi yang sedang mencari arah dan fokus dalam kerja-kerja pendokumentasian. Untuk memulainya, tim arsip menggunakan beberapa kunci yang dekat dengan pembahasan soal nusantara, identitas keindonesiaan, sambil melihat kecenderungan praktik yang menggunakan klaim-klaim tersebut. Meski, beberapa penggunaan istilah tersebut hanyalah sementara, untuk memulai eksplorasi berjalan, sambil menautkannya dengan kejadian yang diamati di lapangan.

Selebihnya, beberapa tulisan yang sudah dihimpun oleh tim redaksi IVAA yang terdiri dari staf dan kawan magang, bisa dinikmati di berbagai rubrik yang mengabarkan koleksi arsip yang bisa diakses, koleksi baru perpustakaan serta ulasan-ulasan atas peristiwa, acara maupun diskusi.

Akhir kata, kami ucapkan selamat membaca.

Lisistrata Lusandiana

Pemimpin Redaksi


I. Pengantar Redaksi
Oleh: Lisistrata Lusandiana

II. Kabar IVAA
Sorotan Dokumentasi
Oleh: Dwi Rachmanto, Hardiwan Prayogo, Willy Alfarius, M. Hanif Arikhoh, Elis Sriwahyuni, dan Rossella

Sorotan Pustaka
Oleh: Santosa, Didit Fadilah, dan Diatami Muftiarini

Sorotan Arsip

Oleh: Hardiwan Prayoga

III. Agenda RumahIVAA
Oleh: Dwi Rahmanto, Elis Sriwahyuni, Andya Sabila, Didit Fadilah, dan Putri R.A.E. Harbie

IV. Baca Arsip
Oleh: Krisnawan Wisnu Adi

Tim Redaksi Buletin IVAA Mei-Juni 2018

Pemimpin Redaksi: Lisistrata Lusandiana ⚫ Redaktur Pelaksana: Krisnawan Wisnu Adi ⚫ Penyunting: Lisistrata Lusandiana dan Hardiwan Prayogo ⚫ Penulis: Dwi Rahmanto, Krisnawan Wisnu Adi, Santosa, Hardiwan Prayogo ⚫ Kontributor: Andya Sabila, M.S Fitriansyah, Diatami Muftiarini, Didit Fadilah, Putri R.A.E. Harbie, Willy Alfarius, M. Hanif Arikhoh, Elis Sriwahyuni, dan Rossella ⚫ Tata Letak & Distribusi: Dwi Rahmanto, dan Lisistrata Lusandiana