#SOROTANDOKUMENTASI Maret-April 2018

oleh Dwi Rachmanto

Satu pekerjaan penting di periode ini adalah menyeleksi dan mengedit hasil dokumentasi dari tahun 2005-2017, di bantu oleh Sebastian Advent (mahasiswa pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Era digital memang membuat pengambilan foto atau video semakin mudah, kemudian berikutnya yang sangat penting adalah menyeleksi dokumen dengan kriteria standar yang kami terapkan di arsip IVAA. Kami juga dibantu kawan magang bernama Sagita Rani (mahasiswa jurusan fotografi Institut Seni Indonesia Surakarta), secara khusus membantu peliputan dan dokumentasi foto-video. Rani juga mengerjakan repro dokumentasi keluarga Batara Lubis yang berjumlah kurang lebih 800 foto.

Tercatat hingga 10 April kami memperoleh 52 dokumentasi peristiwa seni yang kami rekam sejak awal tahun 2018. Selain peristiwa yang belangsung di Rumah IVAA, kami juga secara aktif meliput acara di luar IVAA sebagai pengayaan arsip IVAA. Pada saat bersamaan, kami juga menginisiasi kerja sama dengan lembaga lain dalam kontribusi arsip mereka. Kami bekerjasama dengan Tyaga Art Management Malang dan Redbase Foundation untuk mengirimkan dokumentasi Pameran Tunggal Citra Sasmita pada IVAA. Sinergi dengan keinginan IVAA untuk aktif dalam distribusi informasi, baik arsip lampau hingga sekarang. Kami menampilkannya di halaman Peristiwa Seni di Online Archive IVAA, diharapkan ini bisa menjembatani penyebaran informasi peristiwa seni yang digagas kawan-kawan perupa dan galeri.

Beberapa highlight peristiwa yang kami catat adalah antara lain Launching Buku Henk Ngantung di Sekolah Pascasarjana UGM, Akuisisi Arsip Keluarga Batara Lubis, Diskusi Gagal 1 Tumbuh 1000 di Mes56, Diskusi Ngaji Dewa Ruci bersama ST Sunardi dan Katrine Bandel di Pondok Pesantren Kaliopak, Pameran Titik Temu di Padepokan Seni Bagong Kussudiardjo (PSBK), Pameran Dwi Rupa Bumi di Jogja Gallery, Pameran Tunggal Dian Suci Rahmawati di Kedai Kebun Forum, Diskusi Peristiwa dan Romantika di ISI Yogyakarta, Pameran Lukisan Abstrak Ronald Effendi dan Santi Ardi di Musem dan Tanah Liat (MDTL), Pameran Bersama Estetika Domestika di IFI-LIP, Diskusi Buku Melampaui Citra dan Ingatan di Universitas Sanata Dharma, Pameran Tunggal Alie Gopal dan Pameran Tungggal Jupri Abdullah di Taman Budaya Yogyakarta, Pameran Bersama Pengilon dan Pameran Tunggal Budiyono Kampret di Bentara Budaya Yogyakarta.

Dalam periode ini, tidak lupa kami juga aktif upload video dokumentasi di channel Youtube IVAA. 25 video telah bertambah dalam daftar koleksi video kami, antara lain seri diskusi forum Made In Common yang diinisiasi oleh Kunci Cultural Studies dan kolega, wawancara Ong Harry Wahyu, wawancara Keluarga Batara Lubis,  Wawancara dengan Alie Gopal, Musrary #7-#9, Aksi Seni ISI Tolak HTI, Survive Garage – Merayakan Keberagaman, dan Pirsa Kuasa Ingatan.

Artikel ini merupakan bagian dari Rubrik Sorotan Dokumentasi dalam Buletin IVAA Dwi Bulanan edisi Maret-April 2018.