BULETIN IVAA DWI BULANAN | JANUARI-FEBRUARI 2018

Pengantar Redaksi
Buletin IVAA Dwi Bulanan Edisi Januari-Februari 2018

Salam hangat bagi pembaca yang budiman. Jika melihat kota Jogja sebagai ruang bagi terselenggaranya beragam acara seni budaya, dibandingkan dengan akhir tahun, awal tahun merupakan periode yang cukup tenang. Masa yang bisa dikatakan relatif tenang ini kami jadikan momen perbaikan berbagai sistem, dari sistem pengarsipan hingga sistem kerja IVAA. Awal tahun 2018 ini IVAA hadir dengan tim dan sistem kerja baru. Dengan struktur yang lebih ramping, semoga kerja tim lebih efektif dalam mewujudkan visi.

Buletin IVAA edisi Januari-Februari 2018 kali ini kembali menghadirkan rubrik baca arsip, yang membahas soal Kewargaan Artistik. Ditulis oleh Krisnawan Wisnu Adi, sahabat IVAA yang pernah magang dan terlibat dalam pengerjaan katalog data IVAA tahun 2017 berjudul “Seni, Aksi dan Jogja sebagai Ruang Urban”. Artikel dalam baca arsip kali ini merupakan catatan Wisnu atas perkenalannya dengan konsep Kewargaan Artistik, yang ia renungkan dan bandingkan dengan beberapa konsep yang beririsan dalam koridor seni dan fungsi sosialnya.

Di atas itu, tujuan kami memilih tema ini cukup sederhana, semoga konsep ini menambah perbendaharaan kata kita dalam membahas dan membuat pertanyaan lanjutan seputar seni dan politik. Pada rubrik lain, kami masih menyuguhkan koleksi baru dari perpustakaan IVAA, serta koleksi dokumentasi yang kami garisbawahi. Akhir kata, selamat membaca!

Lisistrata Lusandiana

Pemimpin Redaksi

————————————————————————————-

I. Pengantar Redaksi
Oleh: Lisistrata Lusandiana

II. Kabar IVAA
Sorotan Dokumentasi
Oleh: Dwi Rachmanto.
Benih 900 mdpl
Tribute to Tino Sidin

A. Sorotan Pustaka
Sorotan Pustaka
Oleh: Santosa, Eka Chintya Putri, dan Angela Wittwer
Melampaui Citra dan Ingatan: Bunga Rampai Tulisan Seni Rupa 1968-2017
Anak Sabiran, di Balik Cahaya Gemerlap (Sang Arsip)
Southeast of Now-Into the un/comfort zone

B. Sorotan Arsip
Oleh: Revano Septian
Red District Project

III. Agenda RumahIVAA
Oleh: Krisnawan Wisnu Adi, Wimpy Nabila F.Z., dan Yeni Arista
Diskusi Europalia (Europalia dan Wacana Pseudo Internasionalisme)
Musrary Edisi Ke 6: Slipping Pills
Launching IVAA Shop

IV. Baca Arsip
Oleh: Krisnawan Wisnu Adi
Membaca Kewargaan Artistik, Mendaratkan Refleksi Filosofis pada Peristiwa

Tim Redaksi Buletin IVAA Januari-Februari 2018

Pemimpin Redaksi: Lisistrata Lusandiana ⚫ Redaktur Pelaksana: Krisnawan Wisnu Adi ⚫ Penyunting: Lisistrata Lusandiana dan Hardiwan Prayoga ⚫ Penulis: Dwi Rahmanto, Krisnawan Wisnu Adi, Santosa ⚫ Kontributor:  Angela Wittwer, Revano Septian, Yeni Arista, Eka Chintya Putri, Wimpy Nabila F.Z.⚫ Ilustrasi Foto Sampul: Sebastian Advent  ⚫ Tata Letak & Distribusi: Fachriza Ansyari