Buletin IVAA Dwi Bulanan | Mei-Juni 2017

Pengantar Redaksi
Buletin IVAA Dwi Bulanan Edisi Mei-Juni 2017

Senisono: Bukan Sekedar Romantisme

Pembaca yang baik, Buletin IVAA edisi Mei-Juni 2017 kali ini akan mengajak kita menelusuri berbagai hal dengan ragam nuansa. Mulai dari pemaparan kabar dari riuh rendah kota Yogyakarta selama ArtJog dan keramaian acara yang diinisiasi oleh berbagai ruang seni, hingga penelusuran ruang yang sempat berperan banyak sebagai pusat kegiatan seni, Senisono.

Penelusuran soal Senisono pada edisi ini dituangkan oleh tim peneliti IVAA dalam Rubrik Baca Arsip. Rubrik ini selalu berangkat dengan semangat ‘belajar dari masa lalu’, agar kita selalu ingat dan tidak terburu-buru untuk besar kepala karena merasa telah menciptakan hal baru. Penelusuran atas Senisono kali ini lebih ditekankan pada fungsi, nilai hingga kontroversi soal pembongkarannya dalam konteks tarik-menarik kuasa antara negara dan masyarakat. Di titik inilah penelusuran yang dilakukan tidak berhenti pada romantisme masa lalu, karena terdapat dimensi struktural yang banyak memberi pengaruh pada medan sosial seni. Membahas keberadaan Senisono tentu tidak bisa kita lepaskan dari kekuatan Malioboro sebagai rumah bagi aktivitas sosial dalam berbagai perwajahannya. Ulasan pada edisi kali ini juga didukung dengan Archive Showcase yang menampilkan berbagai peristiwa yang terjadi di jantung kota, hingga menjadi denyut kehidupan seni itu sendiri. Untuk menyaksikan Archive Showcase, silakan mengunjungi salah satu sudut Perpustakaan IVAA.

Selain itu, kita juga menyajikan berbagai kisah dari lapangan, dari hingar bingar perayaan seni rupa di sepanjang perhelatan ArtJog hingga aksi protes menolak pameran tunggal Sitok Srengenge. Kabar dari ruang kerja pengarsipan IVAA juga tak luput kami sajikan di edisi ini. Selain itu, dua arsiparis IVAA juga membagikannya dalam pelatihan yang diselenggarakan Perpustakaan ISI Surakarta, dengan fokus bahasan soal teknologi digital dan dokumentasi.

Lokakarya Pengarsipan dan Penulisan IVAA yang diikuti oleh 13 peserta, dinamikanya juga sangat menarik dan memberikan energi tersendiri di Rumah IVAA. Pengetahuan yang menjadi dasar dalam mendasari kerja harian pengarsipan dan penelitian, kita bagikan dan eksplorasi bersama teman-teman baru dalam lokakarya pengarsipan dan penelitian. Esai-esai yang dihasilkan melalui proses ini juga sedang dikompilasi dan akan diterbitkan menjadi buku berjudul “Jejak”. Proses ini sekaligus menjadi awal dari serangkaian pra-kegiatan yang mendukung persiapan FestSip IVAA yang akan dilangsungkan pada tanggal 18 September hingga 1 Oktober 2017.

Selebihnya, simak terus kabar di seputar persiapan FestSip Kuasa Ingatan serta berbagai kegiatan Rumah IVAA bersama para sahabat dan kawan-kawan yang semangat dalam berkegiatan dan saling berbagi pengetahuan.

Akhir kata, selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan. Selamat membaca dan salam budaya!

Pemimpin Redaksi


I. Baca Arsip

Jejak Senisono
Oleh: Tiatira Saputri
Senisono: Ruang Bersama, Hak Siapa?  
Oleh: Annisa Rachmatika Sari

II. Kabar IVAA

Sorotan Dokumentasi
Oleh: Dwi Rahmanto, Martinus Danang Pratama Wicaksana, Annisa Rachmatika

Sorotan Arsip
Dinamika Festival Kesenian Yogyakarta Tahun 1989-2013
Oleh: Putri Alit Mranani

Sorotan Pustaka
Oleh: Santosa dan Prastica Malinda

Agenda RumahIVAA
Oleh: Tiatira Saputri, Putri Ratna, Padma Kurnia, Melisa Angela

Pengumuman Kantor
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H | Eid Mubarak!

III. FestSip! “Kuasa Ingatan”

Merajut Arsip Menyulam Penelitian
Oleh: Martinus Danang Pratama Wicaksana


Tim Redaksi Buletin IVAA Mei-Juni 2017
Pemimpin Redaksi: Lisistrata Lusandiana ⚫ Redaktur Pelaksana: Sukma Smita ⚫ Penyunting: Melisa Angela, Lisistrata ⚫ Peneliti: Tiatira Saputri, Annisa Rachmatika Sari ⚫ Penulis: Santosa, Dwi Rahmanto, Putri Alit Mranani, Tiatira, Melisa, Lisistrata ⚫ Kontributor: Annisa, Martinus Danang Pratama Wicaksana, Prastica Malinda, Putri Ratna Dewi Werdiningsih, Wahyu Padma Kurnia ⚫ Ilustrasi Sampul: Ipeh Nur ⚫ Desain Kartu Lebaran: Anggoro Anwar Prasherio  Tata Letak & Distribusi: Tiatira, Alit