Koleksi Arsip Moelyono

Oleh: Putri Alit Mranani

Sejak pertengahan 2016, kami disibukkan dengan digitalisasi arsip yang dikontribusikan oleh sejumlah seniman. Pada buletin edisi lalu di rubrik Sorotan Arsip kami telah mengulas arsip-arsip yang dikontribusikan oleh FX Harsono. Pada edisi kali ini kami mengedepankan kumpulan arsip dari Moelyono. Moelyono dikenal aktif dalam kegiatan seni di tengah masyarakat sejak tahun 1980. Proyek seni Moelyono selalu melibatkan masyarakat di desa atau area tertentu, kemudian dengan seni itu sendiri ia mengupayakan perubahan untuk masyarakat di area tersebut. Tentu tidak mudah menggunakan kesenian sebagai medium perubahan, dibutuhkan strategi khusus. Untuk penyusunan strategi ini Moelyono harus menetap dalam waktu yang tidak sebentar, membaur dengan masyarakat, dan melakukan pengamatan di area yang sedang ia dalami tersebut.Bersama Yayasan yang Ia dirikan tahun 1993 yaitu Yayasan Seni Rupa Komunitas (YSRK), Moelyono menjadikan seni berguna bagi masyarakat. Menurut Moelyono, seniman tidak boleh bersikap netral dengan hanya menjadikan masyarakat sebagai obyek estetik dari karyanya.

Setelah kami amati, arsip dari Moelyono ini dapat dikategorikan menjadi dua macam yakni  materi-materi yang dikumpulkan dalam rangka penelitian untuk persiapan membuat kegiatan seni di tengah masyarakat; dan berkas-berkas dokumentasi dari  kegiatan-kegiatan tersebut, seperti foto, katalog, laporan proyek, liputan media massa, dll. Beberapa proyek seni yang teridentifikasi di koleksi arsip Moelyono diantaranya adalah “Seni Rupa Penyadaran”, “Yang Diikat”, “Atopic Site”, “Consciousness Raising Art”, “Seni Pembebasan Anak Jalanan”, “Untuk Marsinah”, “Seni Rupa Instalasi Refleksi Hak Dasar”, dan “Topografi Ingatan”. Kerja-kerja seni Moelyono di tengah masyarakat telah menjadikan alumni Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia ini menerima penghargaan. Beberapa penghargaan yang telah diterimanya antara lain “Fellowship Innovator for the Public” dari Yayasan Ashoka Indonesia pada tahun 1992, dan “Hadiah Seni Gubernur Jawa Timur” pada tahun 2001.

Seluruh arsip yang dikontribusikan olehMoelyono telah selesai kami pindai. Daftar inventaris arsip dari Moelyono yang terdiri dari 9.598 berkas digital dapat dilihat di dalam tabel berikut ini: http://bit.ly/2khMSrB


Artikel ini merupakan rubrik Sorotan Arsip dalam Buletin IVAA Dwi Bulanan edisi Januari-Februari 2017.