Arsip Galeri Nasional Indonesia: Kerja Sama GNI dan IVAA

Antar muka Arsip Galeri Nasional Indonesia

Tentang Kerja ‘Pemetaan Seni Rupa Modern dan Kontemporer Indonesia’
Kerja Pemetaan Seni Rupa Modern dan Kontemporer di Indonesia merupakan kerja yang diinisiasi oleh Galeri Nasional Indonesia (GNI). Kerja ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi fungsi GNI yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. No. 72 Tahun 2012 Pasal 2, terutama di bagian ‘Pendokumentasian dan Publikasi Karya Seni Rupa’. Namun demikian tidak menutup kemungkinan kerja ini akan memenuhi pula fungsi-fungsi GNI lain yang termaktub di dalam Peraturan Menteri tersebut antara lain: pengkajian, kemitraan, dan layanan edukasi seni rupa.

IVAA menyambut tawaran kerja sama dari GNI dalam rangka pembangunan arsip GNI. Kerja yang pertama adalah Pemetaan Seni Rupa Modern dan Kontemporer Indonesia, dan yang kedua adalah Pembangunan Database Pameran Temporer GNI.

Memetakan Seni Rupa Modern dan Kontemporer di Indonesia dipastikan membutuhkan sumber daya yang amat besar. Namun kami harus berani membuat pilihan di dalam peluang yang amat kecil ini. Kami memilih sejumlah kota untuk dipetakan berdasar pengamatan terlebih dahulu; apakah benar kehidupan seni rupa di kota tersebut cukup dinamis? Selain itu kami juga mempertimbangkan prinsip pemerataan, sehingga kami mengutamakan lokasi-lokasi yang data seni rupanya tidak banyak dimiliki atau bahkan sama sekali tidak ada, baik di IVAA ataupun di GNI. ‘Kerja Pemetaan’ pada konteks ini sebetulnya lebih cocok disebut dengan pendokumentasian. Diawali dengan riset kecil, kemudian memilih narasumber yang dapat memberikan informasi awal situasi seni rupa di kotanya. Informasi ini membantu menyusun rencana kerja selama mengunjungi kota itu untuk merekam, melakukan wawancara, dan menyalin dokumen. Pemetaan telah dilakukan di beberapa kota antara lain Solo, Semarang, Batu, Malang, Surabaya, Denpasar, Ubud, Lombok, Makassar, Pontianak, Padang, dan Medan. Hasil wawancara dengan pelaku seni di kota-kota yang telah dikunjungi telah diunggah di saluran GNI di Youtube berikut ini, dan di arsip online GNI.

Sedangkan pekerjaan Pembangunan Database Pameran Temporer GNI diawali dengan mempelajari alur terciptanya dokumentasi di GNI yang menjadi dasar pembangunan sistem pengarsipan digitalnya. Dan secara paralel IVAA melakukan digitalisasi dokumen-dokumen analog mengenai pameran temporer yang tersimpan di GNI seperti katalog, kliping, album foto, kaset video, dan kaset audio. Kemudian berkas-berkas digital itu diinput di dalam sistem arsip yang sudah terbangun. IVAA dalam hal ini bekerja sama dengan Ontel Studio, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemrograman dan pembangunan database. Sistem pengarsipan digital ini dapat diakses melalui jaringan internet di tautan ini.