Nonton Bareng Film “Belakang Hotel” – Kampung Miliran, Jogjakarta

Nonton Bareng Film “Belakang Hotel”

Kampung Miliran

13 Januari 2015

 

Masih dalam rangkaian kegiatan Warga Berdaya untuk membangun pemahaman kritis warga kampung di Jogja terhadap tata kelola ruang dan lingkungan, Warga Berdaya juga mengadakan pemutaran film dokumenter “Belakang Hotel” di Kampung Miliran. Kampung Miliran adalah salah satu kampung yang terkena dampak kekeringan setelah dibangun dua hotel pada kurun waktu 2 tahun ini. Pemutaran ini diikuti oleh warga dari beberapa RT di kampung tersebut.

“Belakang Hotel” adalah film garapan Watchdog yang mengangkat cerita dampak kekeringan di tiga kampung di kota Jogjakarta setelah dibangun beberapa hotel dan bangunan lain. Film berdurasi 40 menit ini menjadi salah satu bentuk konkrit dari respon warga yang sebelumnya merebak dalam bentuk isu “Jogja Asat”.

Dalam pemutaran ini, komunitas Warga Berdaya juga sempat memberikan penjelasan, serta melakukan survey terhadap warga. Survey ini untuk mengetahui bagaimana warga merespon aksi Warga Berdaya dalam mengusahakan tata kelola ruang kota yang lebih baik, juga untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan warga terhadap isu lingkungan di sekitar mereka sendiri.

—————
Blog: https://wargaberdaya.wordpress.com

Twitter: @wargaberdaya

FB: Kota untuk Manusia Youtube: Warga Berdaya

e-mail: wargaberdaya[at]gmail.com
—————

Video koleksi
Indonesian Visual Art Archive
editor Dwi Rahmanto
www.ivaa-online.org
2015